INI JAWABAN DARI PERTANYAAN ANDA NANTI..! Kenapa Nabi Khidir Tidak Termasuk 25 Nabi Yang Wajib diketahui..???

Bismillah, Washshalatu Wassalamu 'ala Rasulillah, Waba'du.

Daftar 25 orang nabi dan rasul itu sebenarnya hanya mereka yang dengan cara jelas namanya tercantum didalam Al-Qur'an serta beberapa terang dijelaskan sebagai nabi. Sedang nama Khidir tak dijelaskan dengan cara eksplisit didalam Al-Quran. Bahkan di ayat itu sekalipun tidak ada info yang pasti mengenai statusnya sebagai nabi atau bukan.

Diluar itu juga banyak tokoh baik yang namanya dimaksud dalam dengan cara eksplist dalam Al-Quran, tetapi bukan termasuk nabi. Umpamanya Zul-Qarnain (Al-Kahfi : 83, 86, 94), Thalut (Al-Baqarah : 247, 249), Luqman Al-Hakim (Luqman : 12, 13), Imran (Ali Imran : 33, 35, 66), Maryam binti Imran yang dijelaskan tak kurang dari 31 kali serta lainnya.





Ayat Al-Quran yang berkisah mengenai Nabi Musa a. s. berjumpa dengan Khidhir cuma menyebutkan Khidhir sebagai seorang 'hamba dari hamba-hamba kami'. Sekalipun ayat itu tak menyebut nama serta jabatan kenabian baginya. Silakan simak baik-baik ayat berikut ini :

 " Lantas mereka berjumpa


dengan seseorang hamba diantara hamba-hamba Kami, yang sudah Kami berikanlah padanya rahmat dari segi Kami, serta yang sudah Kami sampaikan padanya pengetahuan dari segi Kami. " (QS Al-Kahfi : 65)

Bila yang disebut dengan hamba itu yaitu Khidhir serta kalau dia yaitu seorang nabi, jadi itu yaitu hasil rangkuman beberapa ulama pakar tafsir. Rangkuman itu memang ada benarnya walau bukan hanya satu versi. Sebab banyak pula yang menyimpulkan kalau Khidhir itu hanya orang shalih di jamannya.

Jumlah Nabi Serta Rasul

Yang jelas jumlah nabi serta rasul memanglah bukan cuma 25 orang saja, tetapi banyak sekali. Dalam satu hadits, kita memperoleh info tentu mengenai jumlah mereka.

Abu Zar bertanya pada Rasulullah SAW, " Berapakah jumlah beberapa nabi? " Beliau SAW menjawab, " Mereka sejumlah 124. 000 orang, sejumlah 315 dari mereka yaitu Rasul. " (HR Ahmad dalam musnadnya serta Al-Bani menyampaikan kalau hadits ini shahih).

Mungkin saja dari 124. 000 orang itu salah satunya adalah nabi Khidhir a. s. Pasti dengan demikian banyak dalil yang terserak di dalam sunnah dan dalil aqli lainnya.

Wallahu a'lam bishshawab.
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

Sumber : http :// www. lampuislam. org

http://www.resep-sehat12345.com/2016/04/ini-jawaban-dari-pertanyaan-anda-nanti.html