TAHUKAH ANDA !!! TERNYATA INILAH Sunnah Rasul ketika Bangun Tidur(YUK GUYS DISHARE AGAR BANYAK YANG TAHU INFO INI)


Semua orang mempunyai langkah berbeda saat pertama kali buka mata selesai tidur semalaman. Sebagai muslim, kalimat Alhamdulillah pasti dianjurkan sebagai pujian pada Allah SWT yang masih memberi peluang untuk nikmati hidup yang indah ini. Ada yang umumnya langsung cek hape? Ada yang langsung lihat jam? Serta lain sebagainya...

Dalam Islam, semua hal bisa jadi ibadah. Pasti, apabila kita niatkan untuk melaksanakan ibadah pada Allah SWT. Terlebih tidur. Selain bakal bikin kita jadi fresh, tidur juga adalah satu karunia besar untuk kita.

Serta luar umumnya Islam, bukan sekedar saat, serta tengah, bahkan juga bangun tidur juga dapat jadi pahala. Bangun tidur bakal jadi satu hal yang begitu menyejukan serta menyegarkan jika Anda mengerti betapa besar karunia yang sudah Allah limpahkan.



Ada beberapa hal yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah pada kita untuk kita tiru. saat kita bangun dari tidur. Sebagian ini di antaranya.

1. Mengusap wajah dengan tangan agar hilang kantuk

 " Waktu Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk serta menyeka wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk, " (HR. Imam Muslim).

2. Mengucapkan do`a sebagai berikut :

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji untuk Allah yang sudah menghidupkan kami sesudah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, serta kepada-Nya kami dibangkitkan. ” (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak

“Apabila bangun dari tidur pada malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok-gosok gigi dengan siwak, ” (HR. Al-Bukhari serta Imam Muslim)

Manfaatnya :

Dalam media briefing " Sensodyne Expert Berbagi " di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Kampus


Indonesia, Senin (20/9/2010), drg Robert Lessang, Sp. Perio mencontohkan satu diantara rutinitas menggosok gigi yg tidak pas.

Menurutnya, kebiasaan menggosok gigi lebih pas untuk dilakukan waktu bangun tidur dari pada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memanglah bukan untuk membersihkan bekas makanan tetapi mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

 " Setelah sarapan pagi, pH di mulut turun hingga resiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Baiknya janganlah segera menyikat gigi sesudah makan, beri waktu setidaknya 25 menit, " ungkap drg Robert.

Abrasi atau pengikisan gigi mengakibatkan susunan terluar gigi yaitu enamel menipis, hingga susunan di bawahnya yaitu dentin jadi terbuka. Susunan dentin ini segera tersambung dengan syaraf hingga begitu peka bila tak terproteksi.

Bahkan juga bila tergesa-gesa, bekas makanan di gigi cukup dibikin bersih dengan dental floss atau berkumur sesudah sarapan. Seandainya waktu bangun tidur telah menggosok gigi, jadi plak baru mulai terbentuk lagi 4-8 jam selanjutnya.

4. Mendenguskan angin dari lubang hidung

Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda :

“Apabila salah seseorang di antara kalian bangun tidur, sebaiknya ia mendenguskan angin lewat lubang hidungnya sejumlah 3 kali. Lantaran syetan umumnya mendekam di lubang hidung, ” (HR. Muttafaq `Alaih)

5. Membersihkan ke-2 tangan sejumlah 3 kali

Rasulallah shallallahu `alaihi wassallam bersabda :

“Apabila salah seseorang di antara kalian bangun tidur, janganlah segera mencelupkan tangannya kedalam bejana wudhu sebelumnya membasuhnya sejumlah 3 kali, ” (HR. Al-Bukhari serta Imam Muslim)

Faedah :

Supaya tangan kita bersih dari kuman serta kotoran yang menempel di anggota tubuh kita, terlebih saat dalam kondisi tidur kita tidak paham kemana tangan kita bergerak apakah ketempat tubuh kita yang sensitive ada kuman/kotor atau tak, jangankan dalam tidur tak tertidurpun tanpa ada kita sadari terkadang tangan kita kerap berintraksi pada suatu hal yg tidak seteril atau bersih serta kuman.

Semoga bermanfaat...

Sumber artikel : dari berbagai sumber
http://www.artikelkesehatan9.com/2016/03/tahukah-anda-ternyata-inilah-sunnah.html